Culinary

Keseruan Workshop Food Photography bersama Marisa Djemat

18.26.00

Mezza Resto Aston Rasuna
Mbak Marisa Djemat Sedang Memotret Makanan

Halohaa~
Ada yang spesial weekend minggu lalu, pada hari Sabtu 10 Desember pagi saya mengikuti kegiatan "Workshop Food Photography Bersama Marisa Djemat" yang diadakan pihak Aston Rasuna Hotel dan Mezza Resto Aston Rasuna Jakarta yang digagas oleh mas Teguh Sudarisman. Event ini ditujukan khusus untuk para blogger yang dipilih langsung oleh panitia acara. Awalnya saya tau info ini dari seorang teman, karena kebetulan saya blogger asal Padang dan baru 1 bulan stay di Jakarta, saya langsung saja mendaftarkan diri dan Alhamdulillah terpilih untuk bisa ikut berpatisipasi bersama 22 orang anggota lainnya dan sangat senang bisa ikut aktif dalam kegiatan blogger di Jakarta.

Mezza Resto Aston Rasuna

Acara diadakan di ruang The Bridge Function Room Aston Rasuna Hotel mulai dari pukul 08.00 pagi. Selama 30 menit para peserta melakukan registrasi, dan mendapatkan bingkisan berupa note dari Aston. Acara pun dimulai tepat pukul 08.30 WIB yang dibuka dengan welcoming speech dari pihak Aston Rasuna, bapak Isa Ismail, General Manager Aston Rasuna.


Mezza Resto Aston Rasuna
Welcoming Speech oleh Bapak Isa Ismail
Acara selanjutnya masuk pada acara inti yaitu workshop photography bersama Mbak Marisa Djemat. (Instagram : @mde_206). Bagi yang belum tau, mbak Marisa Djemat ini (atau yang biasa disapa dengan mbak Icha) merupakan salah seorang photographer yang berpengalaman khususnya dalam bidang food photgraphy dan landscape photography.

Mbak Marisa menjelaskan kenapa food photography perlu untuk saat sekarang yaitu karena semakin semaraknya media social dan life style yang mengunggah foto makanan, serta semakin berkembangnya bisnis kuliner di Indonesia sehingga belajar food photography menjadi diperlukan agar foto makanan yang dihasilkan menjadi cantik dan terlihat menggugah selera.
Mezza Resto Aston Rasuna
Presentasi Tips & Trick Food Photograph oleh Mbal Marisa Djemat
Beberpa tips dan trick yang bisa dilakukan jika ingin melakukan food photography yang dijelaskan Mbak Marisa Djemat, yaitu :


1. Memperhatikan Season / Musim

Misalnya jika ingin melakukan food photography saat natal, lebaran atau hallowen, makan kita bisa menggunakan properti yang mendukung saat seoson tersebut.


A photo posted by Marisa Djemat (@mde_206) on

2. Kegiatan atau Aktivitas

Kita juga bisa melakukan food photography berdasarkan kegiatan yang sedang kita lakukan. Seperti sedang bermain komputer atau membaca buku. Kita bisa foto makanan yang biasa kita makan ketika sedang main komputer seperti cemilan ringan, atau kopi.

A photo posted by Marisa Djemat (@mde_206) on

3.  Properti yang Digunakan

Kita bisa sesuaikan properti yang digunakan agar foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik. Untuk properti ini kita bisa bebas berkreasi sesuai selera. Seperti contoh pada foto Mbak Marisa di bawah. Mbak Marisa menggunakan prop seperti buah dan prop lainnya dengan warna-warna yang dirasa cocok.

A photo posted by Marisa Djemat (@mde_206) on

Selain memperhatikan 3 point di atas, beberapa hal yang perlu diperhatikan lainnya yaitu :
1. Tatanan yang Menarik
Kita bisa menata makanan kita semenarik mungkin, tapi tetap jangan lupa bahwa makanan kita menjadi fokus utama yang harus ditonjolkan.

2. Sentuhan Prop yang Menunjang
Menggunakan prop yang menunjang bisa menghasilkan foto makanan kita terlihat lebih cantik dan menggiurkan.

3. Pencahayaan yang Cukup
Pencahayaan yang cukup bisa menghasilkan foto kita lebih bagus. Kita bisa pilih tempar yang ada sumber cahaya, Paling bagus yaitu cahaya pada pagi hari sekitar pukul 10 pagi. Jika kita kekurangan cahya, kita bisa menggunakan cahaya tambahan agar foto yang dihasilkan menarik.

4. Peralatan Pendukung
Selain itu kita juga bisa menggunakan peralatan yang mendukung agar foto yang kita hasilkan lebih bagus. Seperti : camera, tripot, alas foto, reflector, atau lampu.

5. Angle / Sudut Pandang yang Berbeda
Kita bisa foto makanan dari segala sudut atau sisi yang diinginkan agar bisa tau pada sisi mana makanan kita bisa terlihat menarik.

Setelah penjelasan dari Mbak Marisa Djemat, dan tanya jawab antara peserta dan Mbak Marisa selesai, para peserta coffe break sejenak dan sudah mulai mempraktekan apa yang telah dipelajari.


Mezza Resto Aston Rasuna
Mezza Resto Aston Rasuna

Setelah selesai coffe break, sekitar pukul 10.30, sampailah pada inti kegiatan ini yaitu, para peserta akan praktek langsung dengan 5 menu yang disediakan langsung oleh Mezza Resto Aston Rasuna. Uniknya, selain makanan yang dihidangkan sangat cantik dengan tatanan garnish yang memukau, meja pun juga dihiasi dengan berbagai properti yang menunjang sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih menarik.


Mezza Resto Aston Rasuna
Para Peserta Asik Mengambil Foto
Setelah sesi foto selesai, para peserta diminta untuk unggah foto terbaik pada social media masing-masing dengan menggunakan hastags #workhsopfoodphotography #mezzarestoastonrasuna. Dari semua foto, 3 foto terbaik mendapatkan doorprize dari pihak Mezza Resto Aston Rasuna yang diumumkan pada akhir acara.  Sembari para peserta mengunggah foto, pihak Mezza Resto Aston Rasuna juga menghidangkan makanan yang telah kita foto tadi. Jadi kita juga bisa tau rasa makanannya. Wahh~ 

Setelah unggah foto selesai, hasil foto juga direview langsung lho sama mbak Marisa Djemat. Jadi kita bisa tau kelebihan dan kekurangan foto kita agar nantinya bisa lebih baik. 

Berikut 5 menu makanan dan 2 minuman segar yang yang dihidangkan pihak Mezza Resto Aston Rasuna dan hasil praktek foto yang saya ambil.

Food

1. Tuna Avocado Salad


Tuna segar dengan potongan alpukat segar. Biasanya saya icip makanan segar ini berupa sushi dan sashimi. Coba ala italian dressing ternyata juga sangat lezat.

2. Seafood Chowder


Paling suka rasa creamnya yang kental disiramkan di atas seafoodnya. 

3. Mix Grill Tenderloins King Praws, and Scallop


Dagingnya sangat empuk, dan gampang banget dipotong. Udang bakar dan kentang rebus yang juga sangat cocok dilidah kita.

4. Penang Curry Laksa


Yang suka dengan curry, penang curry laksanya cukup menggugah selera buat dicicipi. Apalagi saya orang Padang, lihat curry warna kuning segar langsung endess deh.

5. Ciabatta Sandwich



Karena saya paling doyan sama tuna mayo, jadi dari semua menu sangat suka ciabatta sandwich ini.

Beverage

1.Green Rasuna

Mezza resto Aston Rasuna
Green Rasuna.
Signature healthy drink consist with mixed of mustard, pineaplle, and lime juice
Awalnya sangat ragu buat minum karena hijau sawinya yang kental udah kebayang bakalan pahit. Pas coba nggak taunya segar banget. Campuran nenas dan jeruk nipisnya lebih kuat jadi sangat segar.

2. The Poppy


Ini campuran jeruk nipis, daun pandan dan serai plus soda. Udah kebayang donk ya gimana segarnya.

Setelah review foto dan makan siang, pihak Aston Rasuna mengumunkan langsung 3 pemenang foto terbaik. Walau nggak kebagian menang, tapi sudah sangat senang bisa ikut hadir berpatisipasi dalam acara ini. Selain dapat ilmu baru, bisa icip makanan ala hotel, saya juga sangat senang bisa dapat teman-teman baru dalam acara ini.

Selesai acara, tepat sekitar pukul 12.30 semua peserta yang hadir serta serta penyelenggara foto bareng. Semua peserta juga dapat sertifikat yang dibagikan langsung selesai acara. Setelahnya kita juga diajak tour keliling hotel yang dibagi dalam 3 kelompok. Nanti saya akan update lagi pada postingan berikutnya yaa~

Mezza Resto Aston Rasuna
Foto bnersama para peserta, penyelenggara dan pihak Aston Rasuna.
Original Foto bersama dari Kameranya Betania Gian

You Might Also Like

0 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^