Event

Tokyo Girl Collection & Japan Fashion Event 2017

18.20.00

Japan Fashion Event 2017 Jakarta

Bagi para pecinta Fashion Jepang pastinya tidak melewatkan event pegelaran Fashion Jepang yang diadakan selama 3 hari, di Jakarta Selatan. Selama 3 hari dalam rangkaian acara Japan Wave Expo 2017, Japan Fashion event dibuka di Empirica pada tanggal 12 Januari, dan 14, 15 Januari di Mall Kota Kasablanka. 

Acara ini diadakan oleh JETRO (Japan External Trade Organization) yang merupakan agensi pemerintahan Jepang yang support perusahaan Jepang untuk mengembangkan bisnis International salah satunya di Indonesia. Ada 21 brand yang hadir dan ikut berpatisipasi dalam acara Japan Fashion Event 2017 ini. 21 brand yang hadir yaitu, Isato, Seiji INOUE, Imari, ID Dailywear, Denim Closet, Subciety, Kaji Kinran, Esperanza, Act Girl, Wayep, Saiga, Sayori, Ayumi Mitukane, Time station Neo Japan, PP skin Barrier Gel, Lucy Pop, Fukusa, Plantica, FDMTL, Vector, Watashi Japan. 21 Japanese modern brand ini mengenalkan brand mereka dengan membuka booth, product display, fashion show dan juga business meeting.
Japan Fashion Event
JETRO
Khusus pada tanggal 12 Januari, acara business meeting yang digelar di Empirica ini sedikit tertutup yang hanya menghadirkan tamu undangan B2B dan B2C. Pada malam harinya acara dimeriahkan dengan mengadakan Tokyo Girl Collection (TGC Night) yang mendatangkan para model dan bintang tamu dari Jepang serta tamu undangan khusus. Karena saya dapat kesempatan berpatisipasi sebagai interpreter dalam rangkaian acara ini, jadi sangat senang bisa ikut hadir dalam seluruh rangkaian acara Japan Fashion Event ini.

Acara Japan Wave Expo ini ini juga berkolaborasi dengan Tokyo Girl Collection, Japan Beauty Week dan Waku-waku Japan.

Business Meeting, 12 Januari 2017

Acara dibuka dengan kata sambutan dari pihak JETRO, kemudian lanjut fashion show dari 21 brand yang ikut berpatisipasi dalam Japan Fashion Event. Setelah fashion show pun acara dilanjutkan dengan pengunjung keliling mengunjungi booth masing-masing brand yang telah tersedia. Disinilah peran saya sebagai interpreter bekerja. Jika ada pengunjung yang bertanya, atau negosiasi maka saya menjelaskan dengan detail kepada para pengunjung dan pebisnis yang ingin bekerja sama dengan brand yang hadir. Ketika itu saya bertanggung jawab dengan brand Esperanza, dengan koleksi product nya berupa sepatu dan sendal pantai yang bisa dimodifikasi dan dirancang aksesoris dan model yang diinginkan.

Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Fashion Show Brand
Rata-rata para pebisnis yang datang bertanya seputar product, range harga dan kelanjutan proses jika bekerja sama. Karena suasana yang cukup ramai, dan cukup sulitnya jika bernegosiasi satu persatu, banyak yang lanjut dengan menghubungi secara privasi melalu email kepada general manager masing-masing brand.

Press Converence

Lebih kurang sekitar 2 jam waktu pengunjung mengunjungi stand dan bernegosiasi, stand yang hadir kembali dirapikan. Sekitar pukul 17.30 acara ditutup dengan press converence dengan media dan blogger, fashion show 21 brand yang hadir, dan lanjut dengan penutupan oleh pihak Jetro dan perwakilan dari masing-masing brand serta coffe break.

Pada press converence ini, Mr. Murakami (President Director W Tokyo) mengenalkan tentang Tokyo Girl Collection, dan bagaiman konsep yang diadakan. Yang mana Tokyo Girl Collection sudah memasuki pasar Paris, Hongkong, Taiwan, Singapore,  dan Thai, lalu saat ini Indonesia. Murakami juga menjelaskan tentang peluang pasar di Indonesia dan bagaimana perkembangan kedepannya.

Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Tokyo Girl Collection

TGC Night (Tokyo Girl Collection)

Nah yang penasaran dengan TGC Nigth, ini merupakan acara khusus lanjutan dari kegiatan business meeting di Empirica. Tokyo Girl Collection adalah acara yang mengenalkan tentang fashion Jepang yang diadakan di Jepang dan negara lainnya dan saat ini salah satunya di Jakarta. Menjelang acara dimulai, para pengunjung yang hadri bisa menikmati makan malam dan minuman yang disediakan. Acara ini baru dimulai malam hari sekitar pukul 19.30. Para pengunjung yang hadir masih para tamu undangan yang rata-rata dihadiri oleh para pengamat fashion, blogger, talent, model, serta para pengusaha yang bergerak dibidang fashion.

TGC Night
Tokyo Girl Collection
TGC Night 2017
Acara dibuka oleh penampilan DJ Amiaya yang didatangkan langsung dari Jepang. Suka banget lihat wajah Amiaya. Walau penampilannya cukup lama, Amiaya tutup dengan sebuah lagu pink lady mash up yang membuat para pengunjung cukup kaget dengar suara imut cewek Jepang. Selanjutnya dilanjutkan dengan penampilan mannequin performance dari Femm. Penampilan dari Femm ini cukup unik, bergaya seperti action figure / mannequin dengan pakaian sailor serta gerakan robot dan konsep baju yang mirip di action figure benar-benar membuat penampilan dari Femm terlihat nyata seperti mannequin.

TGC Night Amiaya, Femm
Mannequin Performance Femm & DJ Amiaya
Tokyo Girl Collection 2017
Fashion Show Tokyo Girl Collection
Juga ada penampilan dari Hello Kitty yang ikut memeriahkan panggung. Para pengunjung juga boleh berfoto dengan Hello Kitty. Selanjutnya ditutup dengan fashion show dari koleksi Tokyo Girl Collection dengan beberapa model yang didatangkan dari Jepang Ms. Saya Kagawa, Ms. Kelly Ann. Ms. Yusa Kanuma, Ms. Miu dan juga Jessice dan Shani JKT48.

Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Japan Fashion Event 2017 Jakarta

Japan Wave Expo, 14 - 15 Januari 2017

Kelanjutan dari serangkaian acara Japan Wave Expo 2017, acara yang digelar di Mall Kota Kasablanka ini tidak hanya mengenalkan tentang brand fashion Jepang pada Japan Fashion Event, tapi juga ada Japan Beauty Week yang mengenalkan tentang kosmetik Jepang dan juga Waku-waku Japan yang mengenalkan tentang pendidikan ke Jepang.

Japan Fashion Event 2017 Jakarta

Seluruh brand fashion yang hadir di Kota Kasablanka mengenalkan brand mereka berupa booth dan product display. Beberapa brand juga ada yang membuka sesi foto dengan mengenakan brand mereka seperti Lucy Pop. Para pengunjung bisa mengenakan pakaian ala seifuku (seragam) sekolah di Jepang. Brand Esperanza juga membuka booth foto yang mana pengunjung bisa mengenakan sepatu dengan heel tinggi ala harajuku Jepang dengan warna-warna pastle yang lucu dan meriah.

Brand Japan Fashion Event
Sakura Sew, Fukusa, Neo Time Station, PP Skin Barrier Gel
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Plantica, Sayori, Kaji Kinran, Imari
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Isato, Vector, Denim Closet, Act Girls
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Seiji Inoue, Ayumi Mitsukane, ID Daily Wear, FDMTL
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Wayep, Watashi Japan, Subciety, Lucy Pop
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Esperanza
Juga ada penampilan fashion show yang diadakan pada jam-jam yang ramai pengunjung pada tanggal 14 dan 15 Januari 2017. Acara juga diselingi dengan Japan Beuty Week pengenalan kosmetik dari Jepang dan juga talkshow dengan blogger Diana Rikasari, Dinda PS, dan Aelke Mariska, serta penampilan dari JKT48, Yona, Ika, Chika, dan Ayana.

Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Fashion Show Lucy Pop by JKT48
Japan Fashion Event 2017 Jakarta
Foto Bersama Para Model
Para pengunjung juga bisa mengumpul sticker pada setiap booth yang dikunjungi yang mana jika sticker penuh, bisa ikut undian dengan hadiah jalan-jalan ke Jepang. Walau bukan pengunjung saya masih tetap antusias coba ikutan kali aja rejeki. hehe.

Japan Beauty Week
Japan Beauty Week
Japan Beauty Week 2017
Buat yang belum kesampaian datang pada acara minggu lalu, semoga acara selanjutnya atau tahun besok bisa ikutan yaa! See you~

You Might Also Like

5 komentar

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^