Malaysia Trip

Transportasi dari Johor Bahru Menuju Singapore

19.35.00

Lanjutan dari kisah sebelumnya KL-SG-THAI 11D10N 

Day 2 | Selasa, 3 November 2015

JB Sentral

Setelah sepanjang malam di train Senandung Sutera, bangun tidur bangun tidur, dengan suhu yang lumayan dingin (karena Ac juga), akhirnya tepat pukul 06.00 kami sampai di Johor Bahru Sentral. JB Sentral sama seperti KL Sentral yang juga ada mall dan pertokoan serta menjadi pusat transportasi yang ada di Johor Bahru, mulai dari bus, ktm, sekaligus checkpoint keluar-masuk Malaysia menuju dan dari Singapore.

Karena kami sampai pagi jam 06.00 toko toko belum terlalu banyak buka, tapi masih banyak toko-toko yang menjual makanan ringan, sarapan dan lain-lain.

johor bahru
Suasana pagi di JB Sentral

Shuttle Train JB Sentral - Woodland - Singapore

Setelah sampai kami langsung mencari konter tiket shuttle train tujuan Woodland-Singapore. Dari info yang kami dapat, selain menggunakan bus, kita juga naik shuttle train yang baru beropeasi mulai July 2015 lalu. Kalau naik shuttle train, kita tidak perlu jalan jauh setelah turun dari kereta Senandung Sutera, tinggal cari konter tiket dan bisa langsung naik shuttle menuju Singapore. Tapi ada jadwal keberangkatan yang jaraknya lumayan lama (cek info). Sampai di konter, ada jadwal keberangkatan pukul 07.00 dan seterusnya pukul 08,30. Kami langsung saja ambil jadwal keberangkatan pukul 08.30 karena berencana mau sholat dulu, beres-beres dan sarapan pagi di johor bahru (biar lebih hemat).
johor bahru
Gate Shuttle Train (Seharusnya)
Setelah beli tiket, kami langsung mencari ruang sholat, cuci muka, dan sedikit berbenah diri sebelum melanjutkan perjalanan ke Singapore. Pukul 07.00 kami mencari sarapan di sekitar JB Sentral dan ketemulah warung yang menjual berbagai sarapan pagi seperti mie hun, nasi goreng, mie goreng, dan makanan lain dengan harga yang realatif terjangkau. Saat itusaya sarapan dengan mie hun, dan karena makanan bisa dibungkus, kami pun membeli makanan untuk bekal makan siang di Singapore (demi hemat). Untuk 2 makanan saya cuma kena 5.6RM (hemat banget ini).
johor bahru
Warung tempat kami makan
Setelah makan kami beli sedikit bekal makanan seperti roti, dan air minum. Tepat pukul 08.00 kami berjalan mencari gate menuju train shuttle. Sebelumnya kami sudah cari tau lebih dulu tentang gate naik train shuttle, karena melihat banyak orang yang berjalan keluar, dan arah gate shuttle yang kami kira sebelumnya terlihat sepi, kami pun kembali memastikan, dan bertanya kepada satpam yang berada tepat di pintu keluar dimana gate menuju train shuttle Singapore. Langsung saja si satpam memberi arah keluar dan lurus aja ikuti jalan melihat panah menuju woodland.

Tanpa pikir panjang setelah memastikan ke satpam, kami pun berjalan keluar, ikuti jalan dan kemudian kami sampai di migrasi malaysia setelah berjalan lebih kurang 10 menit perjalanan. Setelah cap paspor migrasi Malaysia, kami jalan dan mengikuti orang-orang yang juga ramai berjalan menuju Woodland. Tapi apa yang kami temukan setelah itu ternyata perjalanan kami adalah arah ke terminal bus menuju Woodland, bukan gate train shuttle. Kami pun sudah sangat pasti salah jalan jika harus naik train shuttle. Karena sudah terlanjur cap paspor kaluar migrasi Malaysia, tidak ada pilihan kami pun merelakan tiket shuttle train dan beralih naik bus menuju Woodland-Kranji. Sangat bersyukur karena sebelumnya masih sempat baca tentang info bus, jadi kami pun langung bisa menentukan arah tujuan dan naik bus apa. 

johor bahru
johor bahru
Menuju Imigrasi - Woodland

Bus JB Sentral - Woodland - Singapore
Setelah sampai di terminal bus, orang-orang yang sangat ramai, kami langsung mencari info bus menuju woodland, Stasiun Kranji Singapore. Kami naik bus CW1 tujuan kranji seharga 1.50RM. Kita tinggal naik bus, bayar di bus, dan dapat tiket bus. Pastikan tiket bus jangan sampai hilang, karena akan dipakai lagi saat naik bus berikutnya menuju Kranji setelah dari checkpoint Singapore woodland. Untuk rute-rute bus lainnya bisa cek di bawah.
transportasi johor bahru woodland
Sumber Wikipedia
Jarak JB Sentral - Woodland Checkpoint sebenarnya sangat dekat, tapi karena pagi itu jam sibuk, dan saya juga berada di hari selasa, perjalanan menggunakan bus sedikit macet, dan kami sampai di checkpoin setelah lebih kurang 30 menit. Turun bus dan pastikan bawa semua barang, karena bus yang akan kita naikin lagi setelahnya akan berbeda dengan sebelumnya, tapi rute dan tujuan yang sama. Seret semua barang, kami naik ke lantai 2 dan sampai di migrasi Singapore.

transportasi johor bahru woodland
Antri Bus menuju Woodland
transportasi johor bahru woodland
Di dalam Bus
transportasi johor bahru woodland
transportasi johor bahru woodland
Antri bus setelah Cap paspor
Imigrasi Singapore
Setelah sampai disini kami langsung menuju antrian. Sedikit dag dig dug dor karena dari berbaga info yang di dapat, imigrasi Singapore sangat ketat dan ribet karena bisa ditanya berbagai macam, bahkan bisa ditahan masuk ruang khusus untuk ditanyai lebih lanjut atau kena cek random. Setelah ikut antri di barisan untuk cap paspor, tetiba petugas imigrasi cewek, berbahasa melayu datang menghampiri kami. Tetiba agak kaget, berfikir apa kami kena cek random dan akan ditahan lebih lama karena keliatan tampang kami belum mandi? hahaa (ngasal). Si petugas pun dengan ramah bertanya dan langsung tau kalau kami baru pertama kali ke Singapore. Si petugas menggiring kami menuju pengisian formulir kedatangan. 

Wahhh.. Karena saking dag dig dug dor kami sampai lupa untuk mengisi formulir kedatangan. Dengan ramah si petugas cewek melayu memandu pengisian. Tapi disebelah kami juga ada orang Indonesia lain, seorang cowok yang juga dipandu petugas migrasi cowok (gak tau asal mana), tapi ngomongnya sangat tegas bahkan kedengaranya sedikit membentak. Sicowok Indonesia sebelah kami kalihatan sedikit grogi dan kecemasan saat pengisi. Sedikit bersyukur kami dilayani cewek melayu yang ramah, jadi bisa isi formulir kedatangan dengan tenang.

Setelah isi formulir kedatangan , langsung antri dan cap paspor. Sebelum paspor di cap, saya dapat petugas cewek dengan tampang rada chines. Sipetugas menatap saya dengan lama, bolak balik memastikan wajah saya dengan foto di paspor. Seriuss mbak ini saya asli. Karena pakai kaca mata, saya pun melepas kaca mata untuk meyakinkan. Akhirnya setelah buka kaca mata, sipetugas kembali menatap paspor, bolak balik paspor, dan menanyakan tiket bus dari JB ke Singapore. saya pun menunjukan tiket bus CW1 ke petugas. Setelah beberapa menit, akhirnya scan sidik jari, dan paspor saya di cap. Teman saya kak tia sampai harus buka topi, karena saat itu lagi pakai topi. fiuhhh~ Ternyata gak seperti seserem yang dibayangkah kami pun berhasil masuk Singapore.

Setelah itu kembali turun, dan kembali naik bus dengan rute yang sama. Dan saya saat itu naik bus CW1 tujuan kranji. Setelah lebih kurang 10 menit kami sampai di stasiun kranji. Langsung masuk beli tiket MRT menuju Orchard Rd (beli Singapore Tourist Pass) sebelum memulai petualangan di Singapore.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Neng aimizuuu, tulisannya menariiik. Sering2 share neng, pasti banyak yang suka deehh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak lisna. iyaa mbak. semoga tulisanya banyak yang suka bisa berguna.. :D

      Hapus
  2. Mbak klo dari woodlands ke larkin jb itu bgai mna ? Naik bus apa? Dan nomer brapa ? Please.. Mbak infonya... Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, bisa cek pada postingan saya yang satu lagi mbak ada saya tulis tentang transportasi dari woodland ke larkin. :)

      http://aimizumizu.blogspot.com/2015/12/singapore-to-kuala-lumpur.html

      Hapus
  3. Mbak klo dari woodlands trus mau ke larkin johor itu bgaimna ? Naik bus no brapa ? Dan bus apa ?

    BalasHapus

Hii All.. Thanks for visiting my blog.. Please leave your comment and connect each other.. Thankyou ^.^